Gedung Berlafadz Bismillah segera Hadir di Malang



Sebuah konsep perguruan tinggi pada wilayah Junrejong, Universitas Islam Negeri (UIN) Maliki Malang, menjadi perhatian. Tak hanya kapasitas gedungnya yang besar  tapi bentuk bangunan kampus ini bakal mempunyai desain unik yakni berbentuk lafadz 'Bismillah'.

Menurut Rektor UIN Maliki, Prof H.Imam Suprayogo,.Desain bangunan yg bakal menjadi Kampus III tadi nantinya akan menempati tempat seluas 100 hektar.
Meski begitu, istilah beliau, UIN Maliki ini masih membutuhkan lahan 100 hektar lagi. Untuk itu, kampus berencana akan melakukan pembebasan lagi di Tlekung.
Sehingga, total lahan kampus III nanti seluas 200 hektar. Tanah seluas itu, kata Mudjia Rahardjo akan dibangun berkonsep bismillah.

"Jadi bangunan-bangunan nanti jikalau dicermati asal atas terlihat mirip goresan pena Bismillahirrahmanirrohim," pungkasnya pada narasi berasal video yang diunggah ke YouTube.

Dilanjutkannya, kampus terpadu tadi rencananya akan menampung seluruh kegiatan UIN, termasuk rencana pendirian Fakultas Kedokteran dan  Kesehatan rakyat, Fakultas Teknik, ruang perkuliahan, serta ma'had buat para mahasiswa serta fasilitas lainnya.


Proyek pembangunan sendiri akan dimulai di 2016 nanti, sesuai sumber anggarannya, asal berasal pemerintah sentra, dana hadiah Kerajaan Arab Saudi dan  forum donatur lainnya.

"Alhamdulillah seluruh siap kami tinggal konsultasi ke departemen agama untuk penyediaan pendanaannya, saya yakin Jika serius 3-4 Tahun lagi mampu terselesaikan," tambah Mudjia.
Menurut beliau, keberadaan kampus itu akan semakin memajukan UIN Malang di mata global.
"harapan saya Jika niat baik ini bisa terealisasi bisa menjadikan UIN Malang terbaik di seluruh dunia Insya Allah bisa berhasil," ujarnya.

Berikut Video Youtube perencanaan Gedung UIN Maliki,