Jembatan Thowaf di Bongkar


Seiring dengan berjalannya pembangunan di Masjidil Haram, kini Jembatan Thowaf ( cincin masjidil haram ) mulai dibongkar, Ketua komite teknis area tawaf, Faisal Wafa, mengatakan tujuan di balik pembangunan jembatan sementara itu sudah tercapai. “Kini saatnya ia dibongkar,” katanya.





 

Perusahaan yang membongkar jembatan lingkar itu juga dikerjakan oleh perusahaan yang sama yang mengerjakan perluasan Masjidilharam. Jembatan ini memang dibangun tidak secara permanen karena adanya proyek perluasan daya tampung daerah tawaf.




Hal ini dijelaskan oleh As-Sudais selaku ketua umum Presidensi Masjdil Haram dan Madinah ; " Setelah perluasan daerah thawaf dan diadakanya pengganti cincin thawaf tersebut, habislah masa penggunaan yang telah ditetapkan untuknya, dan jembatan thawaf sekarang tidak dibutuhkan lagi".


Setelah proyek perluasan rampung, diharapkan dapan menampung 170 ribu jamaah per jam. Sebelumnya hanya menampung 22 ribu jamaah. Sebagaimana kita ketahui, bahwa Jembatan Mataf dibangun pada Ramadhan tahun 2014 silam, dengan bangunan lingkar 2 lantai, memiliki luas lantai 12 mater dan tinggi 13 meter, cincin mataf ini dipergunakan untuk orang yang uzur dan cacat.